Tribulus terrestris : Manfaat dan Efek Samping Untuk Kesehatan Seksual

SENTUH NOMOR UTK
CHAT OTOMATIS

Tribulus terrestris atau Rujak Polo merupakan tanaman yang mempunyai kegunaan dalam pengobatan. Tanaman ini mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan. Di Indonesia, banyak jamu yang diproduksi mengandung Tribulus terrestris. Saat ini bahan herbal seakan membuka mata kita bahwa ternyata alam secara alaminya telah menyediakan obat yang manjur untuk berbagai jenis penyakit. Obat-obatan itu tidaklah sulit dicari dan beda dengan obat dari bahan kima sintetis, yang lambat laun akan menimbulkan efek samping pada tubuh kita.

Mengenal Tribulus terrestris

Tribulus terrestris hidup di daerah beriklim tropis seperti Asia Selatan, Afrika, dan India. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk bertumbuhkembang pada kondisi tanah tandus berbatu. Namun tumbuhan menjalar ini juga bisa tumbuh secara musiman di daerah beriklim dingin. Herbal satu ini bisa di panen secara tahunan dan termasuk dalam keluarga Zygophyllaceae.

Tanaman ini mampu tumbuh subur di tanah berpasir dan kering. Ciri-ciri Tribulus terrestris ini adalah kecil berbulu dengan panjang batang yang mampu mencapai 2 m. Daun yang dimiliki merupakan daun majemuk menyirip hanya 1 -2 cm dan masing-masing terdiri dari 4-8 pasang. Sementara itu, terdapat bunga yang berukuran kecil hanya 8 mm saja.  Kelopak bunga ini memiliki warna kuning. Setiap tanaman bisa menghasilkan hingga 2000 biji dalam waktu satu tahun.

Pada jaman dulu, Tribulus Terrestris sering di pandang sebagai gulma yang mengganggu. Namun kini, tumbuhan menjalar berduri ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Ini semua tak lepas dari kandungan Tribulus terrestris dari penelitian yang mengatakan jika tumbuhan ini dapat meningkatkan performa seksual dan massa otot pada pria.

Kandungan Tribulus terrestris

Tribulus terrestris mengandung protodioscin. Ini merupakan sejenis saponin yang dapat meningkatkan kadar hormon testosteron. Hormon steroid ini diproduksi di testis dan berfungsi untuk perkembangan karakteristik seks sekunder pria seperti pertumbuhan rambut di wajah dan badan, pertumbuhan otot, dan produksi sperma.

Selain itu, Tribulus terrestris juga mengandung luteinizing hormone (LH), dehydroepiandrosterone (DHEA), dihydro-testosterone (DHT) dan dehydroepiandro-sterone sulphate. Semua kandungan ini dikenal sebagai peningkat gairah dan kemampuan seksual pria. Diyakini, herbal ini bisa membantu mengatasi masalah impotensi, meningkatkan libido, meningkatkan stamina serta meningkatakan kualitas ejakulasi.

Manfaat  Tribulus terrestris untuk Pria

Rujak polo banyak dimanfaatkan sebagai obat deman dan sakit perut. Selain itu, herbal ini bisa mengobati beberapa kondisi kardiovaskular seperti angina, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga anemia. Namun pemanfaatan tribulus lebih banyak dikaitkan dengan obat aprosidiak. Pemberian ekstrak Tribulus terrestris dapat meningkatkan hormon testosteron dan kortison pada manusia.

Hubungan antara kadar testosteron, tingkat libido, dan kualitas sperma yang ditunjukkan dalam proses reproduksi memang erat. Testosteron yang berasal dari testis berperan dalam memacu pertumbuhan dan menjaga kelangsungan fungsi kelenjar-kelenjar kelamin pelengkap untuk menghasilkan plasma sperma pada saat ejakulasi serta dapat memacu keinginanpria untuk melakukan hubungan intim.

Dan bukan hanya itu saja, Tribulus terrestris juga sering digunakan pada suplemen fitnes. Diketahui, testoterondapat mempengaruhi komposisi tubuh, menambah massa otot, dan meningkatkan performa olahrga. Meski begitu, terlalu banyak kadar testoteron juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

penyebab libido wanita menurun

Efek Samping Tribulus terrestris

Untuk mereka dengan penyakit diabetes sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum menggunakan tribulus terrestris. Ini karena, ia dapat mempengaruhi kadar gula darah. Efek samping jangka pendek jika terlalu banyak mengkonsumsi Tribulus terrestris adalah sakit pada bagian perut. Untuk mengantisipasi resiko efek samping sebaiknya konsumsi herbal ini sebelum makan.

Cara Konsumsi Tribulus terrestris : Perhatikan dosis yang tepat

Untuk mengkonsumsi tribulus haruslah benar-benar disesuaikan dengan dosisnya. Secara ketentuan medis, anda bisa memakai herbal ini dengan dosis 80 mg per kg dari berat badan. Namun untuk keperluan olahraga seperti pembentukan otot bisa memakai dosis antara 600 hingga 9000 mg yang harus dibagi antara sekali hingga tiga kali sehari.

Untuk mengobati impotensi dan ejakulasi dini, dosis yang disarankan hanya 200 hingga 450 mg per harinya. Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi Tribulus Terrestris lebih dari dosis ini apabila anda tidak aktif secara fisik.

Cara Mengolah Tribulus terrestris

Harga tribulus yang dijadikan suplemen herbal terbilang tidak murah. Apalagi, produk tribulus terrestris di indonesia masih di dominasi oleh merk luar negeri yang dikemas dalam bentuk kapsul. Masyarakat lokal biasanya mengolah tribulus sebagai bubuk. Bubuk ini biasanya dicampurkan ke kopi.

Budidaya Tribulus terrestris

Kawasan hutan tropis Indonesia merupakan sumber daya tumbuhan obat, baik yang telah maupun belum dibudidayakan. Namun mengingat, Permintaan herbal ini sangat banyak sedangkan kemampuan petani untuk menyediakan herbal ini sangat terbatas. Yang harus dilakukan adalah dengan melakukan budidaya secara insentif.

Namun masalah yang dihadapi pada budidaya tanaman ini bukan pada susahnya orang yang jual bibit tribulus melainkan penanamannya hanya dapat dilakukan setahun sekali, yakni pada akhir musim hujan. Hal ini membuat petani membutuhkan luasan lahan yang luas untuk memenuhi permintaan. Disini, para petani bisa memakai teknik kultur jaringan untuk induksi kalus. Kelebihan kultur jaringan adalah tidak adanya keterbatasan iklim serta tidak memerlukan lahan yang luas.

SENTUH NOMOR UTK
CHAT WHATSAPP OTOMATIS