Kenali 10 Ciri-ciri Kosmetik Yang Berbahaya

Sekalipun sudah seringkali dikampayekan bahwa cantik itu bukan berarti harus memiliki kulit putih, tetap saja masih banyak wanita yang melakukan semua cara untuk bisa memiliki kulit putih. Sayangnya, pengetahuan yang kurang mengenai produk kecantikan seringkali justru dapat menjerumuskan dan membahayakan kesehatan serta nyawa mereka.

Belakangan ini semakin banyak pemberitaan tentang efek samping berbahaya dari kosmetik berbahaya yang dialami oleh wanita, mulai dari kerusakan syaraf, kerusakan kulit, penyakit ginjal hingga kanker. Info kosmetik apa saja yang berbahaya bisa cek di: Daftar Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM.

Saat ini kosmetik seolah-olah menjadi kebutuhan primer bagi hampir semua orang termasuk para pria.  Tidak sedikit pula pria yang menggunakan kosmetik agar kulit mereka tetap sehat dan terawat.

Kosmetik bukan hanya digunakan untuk perawatan wajah saja, akan tetapi juga untuk anggota badan lainnya seperti tangan dan kaki yaitu handbody, dan kosmetik lainnya seperti scrub untuk memutihkan badan.

Kosmetik memiliki kandungan aktif yang bisa menjadikan kulit lebih cerah dan terlihat lebih cantik bahkan ada beberapa kosmetik yang dapat meregenerasi sel kulit.

Namun demikian tidak sedikit kosmetik yang dapat membahayakan kesehatan kulit, misalnya mercury yang digunakan sebagai bahan kosmetik oleh produsen tidak bertanggung jawab demi meraup keuntungan lebih.

Kita telah mengetahui  bahwa mercury ini sangat berbahaya sekali bagi tubuh apalagi bila dioleskan pada kulit. Mercuri digunakan hanya untuk keperluan bahan bangunan dan perabotan lainnya.

Merkuri merupakan logam berat yang bila masuk ke dalam tubuh manusia maka akan menjadi racun, sepert dikutip dari BPOM. Merkuri umumnya terdapat pada produk kosmetik krim pemutih wajah.

Oleh sebab itu sebaiiknya Anda berhati-hati saat ingin membeli atau menggunakan produk kosmetik, terutama produk pemutih. Anda Harus mengetahui ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri.

Ciri-ciri kosmetik yang mengandung bahan berbahaya merkuri :

  • Biasanya bertekstur lengket pada saat kamu mengolesnya.
  • Bahan dan Minyak tak membaur (berpisah). Saat Anda tidak memakainya akan terlihat ada minyak dan endapan kosmettik.
  • Tercium bau yang menyengat dari merkurinya. Namun ada beberapa kosmetik berbahan merkuri yang dicampur dengan pewangi buatan sehingga baunya tersamarkan. Akan tetapi tetap saja merkuri akan sedikit tercium baunya.
  • Bila digunakan pada kulit maka kulit akan terasa panas dan saat terkena sinar matahari kosmetik akan luntur seperti ada minyaknya.
  • Dalam waktu 2 hari wajah terlihat berbeda, lebih putih. Namun lama kelamaan kulit akan menjadi rusak.
  • Lapisan kulit luar atau epidermis akan terkelupas setelah satu minggu pemakaian
  • Bila tidak menggunakan kosmetik tersebut dalam satu waktu saja kulit tiba-tiba berubah menjadi gelap dan menghitam.
  • Biasanya kemasan kosmetik kurang baik serta merek/nama kosmetik kurang terkenal
  • Harganya murah bahkan di bawah standar, padahal kosmetik yang baik dan asli memiliki harga yang relatif tinggi
  • Banyak di jual di warung-warung kecil atau pasar yang tidak terjamin kualitas serta kebersihannya

Bila Anda menemukan ciri-ciri produk kosmetik seperti itu sebaiknya secepatnya saat itu juga hentikan pemakaiannya. Meskipun Anda sangat menginginkan wajah yang putih sebaiknya menggunakan produk kosmetik yang menggunakan bahan alami agar putihnya kuli Anda berubah secara alami.

Selain kulit menjadi rusak,  ada bahaya lainnya yang disebabkan oleh kosmetik berbahan merkuri ini, diantaranya :

  • Menyebabkan kanker kulit.
  • Racun menumpuk di dalam tubuh
  • Menyebabkan kerusakan organ dalam, seperti ginjal, syaraf, otak, dan bagi ibu hamil dapat menyebabkan kerusakan janin dan menjadi cacat permanen
  • Dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker selain kulit, sebab merkuri dapat langsung masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit.
  • Pemakaian secara terus-menerus dapat merusak kandungan protein dan melanin pada kulit sehingga tidak dapat melindungi kulit dari radiasi matahari
  • Di hari tua pada kulit akan muncul bulatan hitam yang sulit sekali untuk dihilangkan
  • Bila pemakaian dihentikan dan kemudian memakai lagi, kulit akan menghitam dan akan terlihat lebih tua, bahkan kulit pun akan mengkeriput.

Jika Anda telah mengetahui ciri-ciri dan bahaya penggunaan kosmetik berbahan merkuri, dan saat ini Anda menggunakannya,  buanglah kosmetik tersebut dan gantilah dengan kosmetik berbahan sehat dan halal.

Akan jauh lebih baik bila Anda menggunakan kosmetik berbahan alami untuk mempercantik kulit. Semoga bermanfaat informasi dari kami tentang ciri-ciri dan bahaya kosmetik yang mengandung merkuri ini. Rawatlah wajah dan tubuh Anda dengan cara alami dan sehat.

Leave a Comment