5 Cara Membuat Masker Spirulina Sendiri Untuk Jerawat

Masker spirulina saat ini sedang merajai trend kecantikan dan kesehatan. Salah satu produk dengan bahan spirulina yang paling terkenal di pasaran adalah Tiens dan HPAI. Dan meski memilkiki beragam manfaat untuk kesehatan, justru yang banyak mencari masker ini adalah remaja. Untuk apa? tentu saja menyembuhkan jerawat.

Penasaran bagaimana masker spirulina ini mampu mengatasi jerawat dengan cepat. Mari simak review kami berikut ini.

Apa Itu Spirulina

Di Indonesia spirulina oleh orang daerah pesisir sebenarnya lebih dikenal dengan rumput laut. Ini tidak sepenuhnya keliru, rumput laut atau seaweed merupakan tanaman makro alga atau ganggang kecil yang hidup di laut yang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati dan pada umummnya hidup di dasar perairan. Rumput laut disebut tanaman karena memiliki klorofil atau zat hijau daun.

Nah, kalau spirulina adalah ganggang biru-hijau yang tumbuh secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah beriklim subtropis.

 

Dan mengingat negara kita mempunyai puluhan ribu pulau dan perairan yang sangat luas, kekayaan sumber daya kelautan seperti ganggang ini tidak susah ditemui. Spesies spirulina sebetulnya sangat banyak, namun hanya tiga spesies yang memiliki nilai gizinya yang tinggi. Tiga spesies tersebut antara lain spirulina platensis, spirulina maxima dan spirulina fusiformis.

Jika dikembangkan dengan benar dari perairan yang tidak tercemar, kandungan spirulina dapat menjadi sumber nutrisi yang paling potensial dari semua sumber yang ada. Oleh sebab itu, WHO memberikan status spirulina sebagai Green Whole Food.

Fungsi Masker Spirulina Untuk Jerawat

Jika menjadi bahan pangan kenapa masker spirulina bisa di olah menjadi masker jerawat? Jawabnya mudah.

Kandungan spirulina adalah protein dan asam amino. Di dalamnya termasuk asam lemak essensial gamma-linolenic acid (GLA) yang memiliki khasiat anti inflammatory, mengandung semua asam amino essensial. Pada 1 kapsul spirulina terdapat kalsium yang 26 kali lebih tinggi dibanding susu. Komposisi zinc juga menyatu dalam sebutir kapsul ini.

Fungsi-Masker-Spirulina

Bahkan spirulina bisa mengikat isotop radioaktif sehingga berguna dalam kasus paparan radioaktif atau terapi dengan radiasi. Apalagi kalau hanya untuk mengatasi jerawat. Tentu mudah sekali.

Baca Juga : Pengalaman Pakai Masker Spirulina

Yang menjadi persoalan pada sebagian orang adalah kenapa wajah saya jadi perih, gatal atau merah-merah setelah memakai masker ini?

Jangan ragu tentang keamanan masker spirulina. Ini semua adalah proses detox. Jadi setelah memakai masker spirulina wajah malah muncul jerawat itu wajar. Spirulina justru diklaim oleh para dokter dapat meringankan alergi dan reaksi alergi. Kalau anda justru mengalami alergi saat memakai masker ini, mungkin dulu anda terlalu sering memakai kosmetik berbahaya dengan kandungan merkuri.

Dan sebetulnya bukan untuk wajah saja. Masker spirulina juga bagus untuk mengencangkan payudara serta mengatasi ketombe di rambut.

Harga Spirulina Di Apotik

Sebetulnya kami tidak tahu pasti apa apotik besar seperti Kimia farma dan K24 menjual masker spirulina. Memang kimia farma memiliki stok obat yang lengkap. Perusahaan farmasi yang sudah ada sejak jaman Pemerintah Hindia Belanda ini dulu bernama adalah NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co juga sudah sangat familiar di kota anda. Begitu juga dengan K24, apotik waralaba yang mirip indomaret dan alfamart ini setahu kami hanya menjaul produk spirulina dari Wellness.

Harga Spirulina di Apotik ini hampir 300 ribu. Merk Wellness ya, bukan Tiens yang sudah populer itu. Secara kualitas bagus mana? Untuk masker Tiens diatas wellness. Bahkan masker tiens sedikit lebih bagus dari Jafra untuk mengatasi jerawat.

Dan mengingat fungsi masker spirulina yang besar, tidak ada salahnya kalian membeli masker ini. Kalau terlalu mahal bisa buat sendiri di rumah. Mudah kok. Ini dia caranya.

Cara Membuat Masker Spirulina

  1. Beli Ganggang Laut Kering

Kalian bisa membeli ganggang laut. Yang basah tidak masalah tapi lebih baik yang sudah kering. Namun jangan asal pilih. Pastikan membeli spesies platensis, spirulina maxima dan spirulina fusiformis. Di luar itu jangan dibeli.

  1. Haluskan Spirulina

Di pabrik, proses pengolahan memakai teknologi ektrasi tingkat tinggi. Kalau membuat sendiri, kalian bisa memakai blender. Pastikan sampai benar-benar halus. Tidak ada serpihan kasar yang masih tersisa.

  1. Taruh di dalam tablet

Tablet kosong bisa dibeli di apotik. Harga tablet ini murah. Gunanya untuk di isi dengan serbuk spirulina. Pastikan kadar air atau kelembaban serbuk ini. Tingkat kelembaban yang ideal adalah dibawah  10-15% RH. RH menunjukkan bahwa air dan udara terisi sangat kecil pada serbuk spirulina.

  1. Beri campuran yang baik untuk masker spirulina

Cara membuat spirulina untuk masker agar lebih maksimal bisa ditambahkan dengan bahan campuran lain. Proses penambahanya saat akan di pakai untuk masker pada wajah. Ambil satu kapsul saja, masukan bahan campuran untuk masker spirulina seperti susu beruang, susu dancow, air mawar, madu dan jeruk nipis. Pilih salah satu saja.

  1. Simpan di Tempat Kering

Proses penyimpanan masker spirulina sebaiknya di lakukan di suhu kamar namun jangan terlalu lembab. Keluarkan hanya saat di pakai saja. Aturan pakai masker spirulina yang benar adalah seminggu sekali. Terlalu sering akan membuat kulit wajah menjadi semakin kering.

Baca Juga : Efek Samping Pakai Masker Spirulina Setiap Hari